MENU WA CENTER

Pada saat login di WA Center Anda akan menemui menu berikut: Dashboard, Settings, Kontak, WA, Message In, Message Out, Edit Profile, Logout.

DASHBOARD

Halaman Dashboard adalah Halaman yang menyajikan data terkini pada WA Center

SETTINGS

API Setting

Setting dan Dokumentasi untuk API Zenziva

MESSAGE TEMPLATE

Menyimpan kalimat pesan yang sering digunakan sehingga tidak perlu menulis ulang ketika ingin menggunakannya kembali.

SIGNATURE

Menyisipkan nama perusahaan atau slogan pada setiap pesan yang dikirim. Bisa diletakan di awal atau di akhir pesan.

USER ACCOUNT

Mengelola User login pada WA Center

WA SETTINGS

Mengelola WA yang terhubung dengan Zenziva, seperti melakukan Scan QR Code dan Memutuskan Sambungan.

CREDIT

BELI CREDIT

Melakukan pemesanan credit

KONFIRMASI PEMBAYARAN

Melakukan konfirmasi pembayaran, konfirmasi dilakukan setelah transfer.

KONTAK

PHONEBOOK

Menyimpan nama, nomor telepon dan data penerima pesan.

GROUP

Menggabungkan atau mengklasifikasikan penerima pesan kedalam kategori tertentu.

WA

SEND MESSAGE

Mengirim pesan ke satu penerima saja.

SEND TO GRUP

Mengirim pesan ke grup tertentu yang telah dibuat sebelumnya.

SEND TO ALL

Mengirim pesan ke semua kontak di pada phonebook.

SEND MESSAGE FROM EXCEL

Mengirim pesan sesuai dengan data di file excel (.xlsx).

MESSAGE IN

INBOX

Menampilkan pesan masuk, Tersedia juga kolom pencarian untuk memudahkan dalam menemukan pesan terdahulu.

MESSAGE OUT

OUTBOX

Menampilkan laporan pengiriman pesan yang telah dikirim, Tersedia juga kolom pencarian untuk memudahkan dalam menemukan pesan terdahulu.

MENU PROFILE

PROFILE

Mengubah data diri dan password.

LOGOUT

Keluar dari Zenziva WA Center dan kembali ke halaman Login

PROFILE

Merupakan rincian data diri Anda dan perusahaan.

Nama:

Nama Anda.

Alamat:

Alamat Anda.

Nama Usaha:

Nama perusahaan, organisasi, kelompok atau instansi Anda.

Email:

Alamat email anda atau perusahaan.

Nomor HP:

Nomor ponsel anda atau perusahaan. Nomor ponsel harus valid.

Masa Aktif:

Masa aktif Center anda. Jika masa aktif habis maka kredit anda akan kembali 0. Setiap anda melakukan penambahan kredit, otomatis masa aktif anda akan bertambah.

Jenis:

Jenis Pesan yang akan anda kirim. Jenis terdapat 2 jenis yaitu:

  1. Masking, Jenis Pesan ini menggunakan Sender ID sebagai pengirim.
  2. Masking Standar, Jenis PESAN ini digunakan untuk pesan notifikasi.
  3. Masking Premium, Jenis PESAN ini digunakan untuk OTP/Verifikasi.

Auto Forward pesan Inbox:

Jika anda memilih yes, maka setiap pesan yang masuk ke pesan center anda, secara otomatis akan di forward (diteruskan) ke nomor ponsel atau perusahaan anda.

API SETTING

API Setting digunakan jika anda telah memiliki aplikasi berbasis web seperti blog atau website pribadi atau perusahaan anda dan menginginkan agar dari blog atau website tersebut agar dapat mengirim pesan. Pengiriman pesan dari blog atau website ini menggunakan metode http api dengan perintah sebagai berikut:

HTTP API KIRIM

http://subdomain_anda.zenziva.com/apps/smsapi.php?userkey=userkey &passkey=passkey &nohp=nomor_tujuan&tipe=tipe_sms&pesan=isi pesan

Userkey : userkey anda

Passkey : passkey anda.

Tipe : jenis pesan yang akan anda kirim. Isi dengan masking untuk menggunakan masking sebagai pengirim dan isi dengan regular untuk menggunakan pesan biasa sebagai pengrim.

PASSWORD

Untuk merubah password login anda.

TEMPLATE

Template digunakan untuk memudahkan Anda dalam mengirim pesan. Dengan pesan template yang telah Anda buat, Anda tidak perlu lagi mengetik isi pesan yang Anda akan kirim, Anda hanya tinggal menggunakan isi pesan yang telah ada pada pesan template yang telah Anda buat.

Klik tombol Tambah Template

Isi nama dan isi template, kemudian Simpan

Untuk merubah template klik tombol edit pada kolom Opsi

PARSING

Fitur ini digunakan sebagai format perintah pesan yang bisa digunakan oleh member Anda yang telah tedaftar maupun belum pada phonebook. Misalnya pesan parsing untuk info atau registrasi secara otomatis melalui pesan dengan cara mengirim pesan ke Center Anda dengan format tertentu.

Misalnya pelanggan mengirim pesan ke center Anda dengan isi pesan INFO, maka system akan secara otomatis mengirim balasan kepada pelanggan tersebut dengan isi yang telah Anda tentukan pada tabel Balasan.

PESAN ULANG TAHUN

Pesan ulang tahun adalah pesan ucapan yang ditujukan kepada pelanggan Anda yang sedang berulang tahun. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini, Anda harus memastikan bahwa data tanggal lahir pada kontak phonebook telah Anda isi.

Klik menu SETTING kemudian klik PESAN ULANG TAHUN

Jika tanggal lahir belum Anda setting, Klik button Setting Tanggal Lahir

Klik tombol Edit pada kolom Opsi untuk memasukkan tanggal lahir pada data phonebook Anda.

Kembali ke menu Pesan ULANG TAHUN, klik tombol Tambah Pesan Ulang Tahun. akan muncul form isian untuk data Pesan Ulang Tahun.

  • Waktu: Jam pesan akan dikirim.
  • Tujuan: Anda dapat mengirim Pesan Ulang Tahun ke nomor tujuan dari Phonebook, Group atau Semua Phonebook, dengan catatan semua tanggal lahir terlebih dahulu sudah  di set.

PESAN TAGIHAN

PESAN tagihan adalah pesan yang ditujukan kepada pelanggan Anda untuk mengingatkan atau pemberitahuan akan sejumlah biaya yang harus dibayar setiap bulan, seperti tagihan cicilan atau kredit.

Klik menu SETTING kemudian klik PESAN TAGIHAN

Jika jumlah tagihan dan tanggal jatuh tempo belum Anda setting, Klik button Setting Jumlah Tagihan

Klik tombol Edit pada kolom Opsi untuk memasukkan jumlah tagihan dan tanggal jatuh tempo

Masukkan data tagihan dan jatuh tempo:

Masukkan jumlah tagihan (hanya angka, jangan pakai titik atau koma).

Masukkan tanggal jatuh tempo dengan klik tombol kalender

Klik tombol Simpan

Kembali ke menu PESAN TAGIHAN, klik tombol Tambah Pesan Tagihan, akan muncul form isian untuk data Pesan Tagihan

Hari : pesan akan dikirim sebelum hari dari tanggal jatuh tempo.

Waktu : merupakan waktu pesan akan dikirim.

Tujuan : Anda dapat mengirim pesan pemberitahuan ke nomor tujuan dari Phonebook, Group atau Semua Phonebook, dengan catatan semua jumlah tagihan dan jatuh tempo sudah di set.

Isi Pesan : Anda bisa menggunakan Template untuk isi pesan atau menginput sendiri. Dalam isi pesan terdapat fitur parsing, untuk mempermudah pengambilan data pada isi pesan.

Parsing tersebut diantaranya:

  1. [panggilan] : untuk memasukkan nama panggilan yang telah Anda set pada Phonebook, contoh: Bapak, Ibu dsb.
  2. [nama] : untuk memasukkan nama si penerima pesan yang telah Anda set pada Phonebook.
  3. [alamat] : sama halnya seperti nama dan panggilan, yaitu untuk memasukkan alamat si penerima pesan pada isi pesan tagihan Anda.
  4. [tagihan] : jumlah tagihan si penerima pesan
  5. [jatuhtempo] : batas akhir pembayaran si penerima pesan.

Jika di gabung dalam sebuah isi pesan, kira-kira contohnya seperti berikut ini:

Isi pesan yang Anda buat:
Kepada [panggilan] [nama] di [alamat], tagihan Anda bulan ini sebesar Rp.[tagihan]. Jatuh tempo pada tanggal [jatuhtempo].

Maka pesan diatas akan menjadi:
Kepada Bapak Sonz di Bandung, tagihan Anda bulan ini sebesar Rp.500000. Jatuh tempo pada tanggal 30/09/2012.

SIGNATURE

Signature adalah fitur untuk menyisipkan kata pada awal atau akhir setiap isi pesan yang Anda kirim.

Klik menu SETTING kemudian klik SIGNATURE

Isi signature yang Anda inginkan

Posisi Awal pesan: Signature akan berada pada awal pesan.
Contoh: [ZENZIVA]Diskon hari ini khusus untuk member s.d 50%.

Posisi Akhir pesan: Signature akan berada pada akhir pesan.
Contoh: Diskon hari ini khusus untuk member s.d 50%. [ZENZIVA]

AUTOREPLY

Autoreply digunakan untuk membalas secara otomatis setiap pesan yang masuk pada center Anda. Fitur ini dapat diaktifkan ataupun tidak.

PHONEBOOK

Phonebook digunakan untuk menyimpan data kontak Anda.

Klik Tambah Kontak

Input data kontak

  • Nama, nomor HP dan jenis kelamin wajib diisi.
  • Tombol Save & Continue untuk menyimpan dan melanjutkan kembali input data kontak.
  • Tombol Save untuk menyimpan dan kembali ke data kontak.
  • Tombol Cancel untuk membatalkan input data kontak.

GROUP

  1. Klik menu PHONEBOOK kemudian klik GRUP 
  2. Klik tombol Tambah Grup
  3. Masukkan nama grup kemudian save
  4. Jika ingin langsung menambahkan kontak phonebook ke grup, klik Tambah Kontak
  5. Pilih kontak yang ingin Anda masukkan ke grup, kemudian klik Tambahkan ke Grup

IMPORT

Import digunakan untuk memasukan data phonebook dari file excel.

  1. Klik menu PHONEBOOK kemudian klik IMPORT
  2. Jika Anda belum mempunyai contoh filenya, silahkan Anda download terlebih dahulu
  3. Setelah selesai Anda download, buka file tersebut kemudian masukkan data-data sesuai dengan contoh yang sudah ada pada file tersebut.
  4. Kemudian Anda save / simpan.
  5. Import file excel tadi, kemudian klik tombol Import
  6. Data berhasil di import

EXPORT

Export digunakan untuk menyimpan data phonebook dalam bentuk file excel.

KE SATU

Untuk mengirim pesan hanya ke satu penerima. Nomor penerima dapat di input secara manual maupun dipilih dari data pada phonebook.

Untuk mengirim pesan dengan menggunakan template, klik tombol Template maka akan muncul popup template.

Untuk memasukan template sebagai isi pesan, klik tombol pada kolom Opsi. Nomor tujuan dapat di input secara manual maupun dari phonebook, untuk memasukkan data dari phonebook, klik tombol  kirim maka daftar kontak phonebook akan muncul.

Pilih kontak yang Anda inginkan untuk dikirim pesan.

KE GRUP

Fitur ini berfungsi untuk mengirim pesan ke semua phonebook yang berada dalam grup yang telah Anda buat.

Pilih Grup yang akan Anda kirim pesan.

KE SEMUA

Fitur untuk mengirim pesan ke semua data kontak yang ada pada phonebook.

BY KRITERIA

Fitur untuk mengirim pesan ke kontak phonebook berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria disini berdasarkan Jenis Kelamin, Agama, Kota atau Pekerjaan.

PESAN TERJADWAL

Pesan Terjadwal digunakan untuk membuat jadwal pesan yang akan dikirim pada tanggal dan jam tertentu yang telah Anda tentukan. Pesan dapat Anda kirim ke satu, ke grup atau ke semua data kontak pada phonebook. Untuk membuat jadwal pesan klik tombol Tambah Jadwal Pesan.

Akan muncul form yang akan Anda isi untuk membuat jadwal pesan

  • Masukkan tanggal dan waktu pengiriman pesan.
  • Pilih tujuan pengiriman pesan. Ke phonebook, ke grup atau ke semua kontak yang ada pada phonebook.
  • Pilih jenis pengiriman. Pesan akan dikirim sekali atau setiap tanggal dan waktu yang telah Anda tentukan.
  • Kemudian Save.

Jika tanggal dan waktu saat ini sesuai dengan tanggal dan waktu pada jadwal pesan yang telah Anda buat, maka pesan akan otomatis dikirim.

DARI EXCEL

Anda dapat mengirim Pesan dengan menggunakan data yang berada pada file excel, data file excel harus  sesuai dengan contoh . Langkah-langkah setting Pesan tagihan sebagai berikut:

  1. Klik menu KIRIM PESAN kemudian klik DARI EXCEL kirim
  2. Jika Anda belum mempunyai contoh filenya, silahkan Anda download terlebih dahulu Setelah selesai Anda download, buka file tersebut kemudian masukkan data-data sesuai dengan contoh yang sudah ada pada file tersebut.
  3. Kemudian Anda save / simpan.
  4. Import file excel tadi, kemudian klik tombol Kirim.

OUTBOX

Fitur ini berfungsi untuk melihat pesan yang telah Anda kirim beserta status pesan tersebut, apakah terkirim, pending atau error. Anda juga dapat mengirim ulang pesan pada pesan outbox hanya dengan menekan tombol Kirim Ulang pada bagian table Opsi.

EXPORT OUTBOX

Sama halnya dengan export inbox sebelumnya, fitur ini juga berfungsi untuk menyimpan data outbox ke dalam bentuk file excel.

Pilih range tanggal outbox yang ingin Anda export.

Kemudian klik tombol EXPORT OUTBOX